Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Jatuh Cinta

10 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Jatuh Cinta
Pasangan yang Sedang Jatuh Cinta - Ilustrasi
Pasangan - Ladies, saat Anda sedang jatuh cinta kepada seorang pria, tak ada seorang pun yang menyadarinya. Namun satu hal yang pasti: tubuh mengetahui bahwa Anda sedang kasmaran.

Baca: 10 Cara Efektif Untuk Move On dari Sang Mantan

Berikut ini reaksi aneh – dan menyenangkan – pada tubuh saat sedang mabuk kepayang.

1. Kegiatan Otak Berubah Seketika

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, ketika seseorang jatuh cinta, 12 bagian pada otak secara bersamaan melepaskan senyawa kimia yang mendorong munculnya perasaan gembira seperti dopamin, oksitosin, adrenalin dan vasopresin. Jatuh cinta hanya membutuhkan waktu sekitar seperlima detik.

2. Detak Jantung Melambat

Jatuh cinta memengaruhi kadar hormon dalam tubuh, menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

3. Anda Memiliki Masalah Tidur

Berdasarkan Journal of Adolescent Health, orang-orang yang sedang jatuh cinta kehilangan waktu tidur pada malam hari sekitar satu jam. Mengapa hal ini terjadi? Saat jatuh cinta, Anda mungkin memikirkan lebih banyak hal sehingga sulit memejamkan mata.

4. Sakit Mereda

Cinta mengaktifkan reseptor saraf yang sama di otak sebagai obat nyeri yang menenangkan, menurut sebuah studi dari Stanford University School of Medicine.

5. Menjadi Pelupa

Saat Anda sedang kepincut dengan seseorang, otak melepaskan oksitosin (sering dianggap sebagai hormon cinta) yang dapat mengganggu memori. Itu sebabnya, Anda sering lupa akhir-akhir ini.

6. Sisi Cemburu Keluar

Anda tak bisa menahan cemburu ketika melihat sang pujaan berbicara dengan wanita lain. Penelitian terbaru dari Florida State University menemukan bahwa cinta bisa membuat sesorang terlalu mengekang pasangannya.

7. Segala Hal Menjadi Lebih Manis

Para pelajar dalam satu penelitian menulis mengenai cinta, kemudian mengambil bermacam makanan dan minuman sebagai sampel. Menurut American Psychological Association, apapun rasa makanan dan minuman tersebut, mereka mengatakan semuanya memiliki rasa manis. Ehem.

8. Mudah Terdistraksi

Jatuh cinta bisa menganggu kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan fokus kepada tugas tertentu karena Anda terus-menerus memikirkan pasangan. Dan hal itu bukan hanya pengalaman pribadi seseorang – sebuah penelitian di jurnal Motivation and Emotion sudah membuktikannya.

9. Suara Meninggi

Ketika wanita berbicara kepada pria yang menurut mereka menarik, mereka kerap bicara dengan nada lebih tinggi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Evolutioncary Psychology.

10. Tulang Menjadi Lebih Kuat

Para peneliti menemukan korelasi antara pasangan menikah yang bahagia dan kesehatan tulang yang lebih baik.*