Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bagaimana Cara Atasi Galau Karena Putus Cinta?

Bagaimana Cara Atasi Galau Karena Putus Cinta?
Galau karena putus cinta - Ilustrasi

Pasangan - Putus cinta merupakan hal yang ditakuti oleh beberapa orang. Ketakutan semacam itu muncul karena ingin menghindari rasa galau karena putus cinta. Ya, perasaan kehilangan tentu akan menimbulkan rasa sakit dalam diri Anda, apa lagi jika Andalalh yang diputuskan olehnya.

Untuk beberapa orang, sangat sulit menemukan cara atasi galau setelah putus hubungan dengan sang kekasih. Akibatnya, perpisahan dengan sang mantan bisa memberikan dampak negatif dalam kehidupannya.

Mungkin saja ia menjadi trauma, menjauh dari kehidupan sosial, menyendiri, atau merasakan kesedihan yang berkepanjangan karena tidak tahu mengatasi perasaan patah hati setelah putus.

Baca: Mengapa Wanita Sulit Memutuskan Pasangannya?

Agar kehidupan dan urusan Anda yang lain tidak terbawa ke hal negatif, berikut beberapa cara atasi galau karena putus cinta yang disarikan dari Your Romance Guide.

1. Menyibukkan Diri

Ini merupakan salah satu cara ampuh untuk meredakan sakit hati dan melupakan mantan. Cobalah untuk selalu ikut terlibat dalam berbagai aktivitas.

Atau, Anda mungkin bisa menjadi sukarelawan dalam kegiatan-kegiatan sosial. Karena dengan menyibukkan diri, Anda tidak memberi kesempatan pada otak untuk mengingatnya ditambah lagi hal tersebut bisa menyegarkan pikiran Anda.

2. Tuangkan dalam Tulisan

Menumpahkan segalanya melalui tulisan bisa menjadi alternatif mengatasi perasaan galau. Tuangkan semua rasa marah, sedih, kecewa, dan frustasi Anda di dalamnya. Bisa dengan secarik kertas, buku harian, atau komputer.

Setelah Anda merasa sudah lebih tenang dan nyaman, baca kembali tulisan tersebut. Gunanya untuk mengintropeksi diri Anda agar tidak terulang kembali kejadian yang menyakitkan dan menjadi lebih baik ke depannya.

3. Lebih Perhatian pada Keluarga

Tidak dapat dipungkiri keluarga merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam kehidupan Anda. Mungkin saat bersama dengan mantan kekasih, Anda jarang menyediakan waktu untuk mereka.

Nah, inilah saatnya untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama, misalnya mengajak mereka rekreasi atau sekedar makan malam bersama. Karena keluarga akan selalu berada di sisi Anda baik itu saat senang maupun susah.

4. Cobalah Meditasi

Meditasi telah dikenal sebagai cara untuk mencapai ketenangan, membuat Anda lebih rileks serta mengendurkan pikiran yang tegang. Meski terkesan sulit untuk dilakukan, meditasi telah dikenal sebagai salah satu cara ampuh atasi galau setelah putus cinta.

Duduklah dengan tenang di dalam kamar, pejamkan mata Anda, ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Tambahkan dengan menyalakan lilin aroma terapi dan alunan musik yang tenang. Dengan relaksasi dapat menjauhkan Anda dari pikiran-pikiran negatif.

5. Fokus pada Karir

Terkadang untuk beberapa orang, sakit hati bisa memberi dampak pada urusan kantor. Anda jadi tidak semangat bekerja, sehingga membuat pekerjaan menumpuk terbengkalai.

Sebaiknya Anda gunakan ini sebagi kesempatan Anda untuk berkarir. Karena dengan fokus bekerja, tidak hanya akan membuat Anda melupakan sakit hati namun bisa meningkatkat performa bekerja.

6. ‘Nikmati’ Rasa Sakit

Putus dengan orang yang sangat dicintai pastilah menyakitkan, hal itu sangatlah wajar. Oleh karena itu, silahkan menangis dan berteriaklah jika hal itu dapat membuat Anda lebih baik dan merasa lega.

Tidak apa-apa untuk bersedih sejenak. Carilah tempat yang membuat Anda nyaman untuk melakukannya sendirian atau bersama sahabat yang mengerti dengan situasi batin Anda.

7. Jangan Temui Mantan

Jika Anda merupakan pihak yang diputuskan, mungkin akan sulit bagi Anda untuk melakukan hal tersebut. Akan ada dorongan dalam diri walau hanya sekedar mengirim pesan teks. Sebaiknya jangan lakukan itu, karena hanya akan memperparah sakit hati Anda.

Cobalah untuk menghindari bertemu atau menguhubungi mantan kekasih sementara waktu. Mungkin dengan menyingkirkan atau membuang hal-hal yang mengingatkan Anda dengannya bisa membantu.

8. Curhat dengan Teman Dekat

Hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan, akan tetapi bukan berarti dapat menceritakannya ke semua orang. Karena mereka malah akan kabur dari Anda bukannya memberikan rasa simpati.

Akan lebih baik jika orang tersebut dapat memberikan solusi dan mendorong Anda menuju hal yang baik, jadi untuk itu ceritakanlah masalah pada orang yang mau mendengarkan keluh kesah Anda dengan tulus dan juga mengerti bagaimana pribadi Anda.

9. Ubah Gaya Penampilan

Tips ini akan cukup efektif untuk mengubah suasana hati Anda. Pakailah baju yang berbeda, berdandan dengan gaya yang beda, potong rambut, gunakan parfum yang berbeda.

Beranikan diri untuk tampil beda dan sejenak keluar dari zona nyaman. Ingatlah bahwa saat ini si dia tentunya tidak lagi berhak untuk protes dengan cara apapun Anda mengespresikan diri.

10. Nikmati Kesendirian

Bukan hal mudah untuk sembuh dari galau karena putus cinta. Karena itu, bersabarlah jika ingin menjalin hubungan baru, tidak perlu tergesa-gesa. Berikan diri Anda waktu untuk merasa lebih tenang dan nyaman.

Jangan terus bersedih hati ya, karena Anda bisa bangkit dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Yakinlah bahwa akan ada yang lebih baik, yang sedang menunggu Anda di hari-hari esok.*

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Atasi Galau Karena Putus Cinta?"